Langkah2 Membuat Obyek menjadi Button/ tombol pada Flash

 Membuat Obyek menjadi Button/ tombol

Button adalah salah satu type dari symbol. Button digunakan untuk
membuat tombol di flash. Dengan dijadikannya suatu objek menjadi button maka
selain objek tersebut menjadi tombol, objek tersebut juga dapat menggunakan
beberapa fasilitas dari flash seperti animasi tween, masking, guide dan juga kita
dapat memberikan actionscript pada objek tersebut. Di bawah ini akan dipelajari
cara dasar membuat tombol.

Melalui cara dasar ini dapat berkreasi untuk
membuat tombol yang bagus dan menarik :
a. Buatlah sebuah flash document.
b. Buatlah sebuah lingkaran seperti gambar dibawah ini:
c. Seleksi lingkaran tersebut kemudian klik kanan > Convert to Siymbol atau
tekan F8 pada keyboard atau bisa juga melalui Modify > Convert to Symbol…
d. Pada kotak dialog yang muncul pilih Button sebagai Typenya s
e. Ubah Name pada kotak dialog tersebut jika diperlukan, kalau sudah selesai
tekan OK maka lingkaran yang anda buat tadi sudah berubah menjadi sebuah
Symbol bertype Button.
f. Klik dua kali Button tadi atau klik kanan > Edit In Place maka akan masuk ke
stage button.
g. Akan tampil jendela Timeline seperti gambar dibawah ini :
Up : tampilan utama button
Over : tampilan button ketika kursor mouse berada diatas button
Down : tampilan button ketika kursor mouse menekan button
Hit : luas daerah aktif button
h. Pilih bagian Over, kemudian klik kanan > Insert Key Frame atau tekan F6
pada keyboard. Ubah warna lingkaran menjadi lebih muda
i. Pilih bagian Down, kemudian klik kanan > Insert Key Frame atau tekan F6
pada keyboard. Ubah warna lingkaran menjadi lebih tua

J. Jika ingin daerah aktif button menjadi lebih luas, pilih bagian Hit kemudian klik
kanan > Insert Key Frame tekan F6 pada keyboard. Buatlah lingkaran yang ada
menjadi lebih besar.
k. Kalau sudah selesai, klik tombol scene pada timeline atau bisa juga tekan
CTRL+E pada keyboard.
l. Terakhir test movie dengan menekan CTRL+ENTER.
Previous
Next Post »